Rabu, 02 Maret 2016

#day 3 : Your favorite movie : Its CANDY CANDY


(Lagu Pembuka )
Biar saja biar / wajahku begini / Tak peduli oh tak oh tak oh / tak  perlu ku tangisi
Akulah anak nakal, anak nakal / Berlari-lari, sana sini / karena aku, Sebab aku /memang aku candy

Di kala sepi kusendiri / Akupun tak peduli / Lalu ku lari mencari /Keping cermin dan berkata
Senyumlah / senyumlah / senyumlah candy / Biarkanlah pergi sepi diri / Oh candy candy.

Jika kalian lahir di era 80-an, maka film animasi candy-candy  mungkin pernah menghiasi akhir pekan kalian. Animasi yang diputar oleh stasiun TV ‘RCTI’ setiap minggu pagi ini adalah salah satu animasi plus manga favorite saya sewaktu kecil. Waktu film ini diputar, saya masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 5 atau kelas 6, pokoknya masih belum bisa dandan tapi suka pake celana pendek hot pant kemana-mana # suit suit, husssh... waktu itu saya ga seksi –seksi amit macam gadis berhot pants yang beredar di mall-mall prend soalnya waktu kecil saya kulitnya hitam dan dekil  akibat  suka sepedaan kemana-mana, kesimpulannya kulit saya eksotiknya over dosis hahaha.
          Back to candy candy. Animasi ini berkisah tentang kehidupan seorang gadis yatim piatu berjerawat dan berambut ikal blonde bernama candy yang tinggal di sebuah panti asuhan. Ceritanya diawali dengan perpisahan candy dengan sahabatnya anne yang diadopsi. Selang beberapa waktu, menyusul anne, candy pun diadopsi. Kisah pun berlanjut seputar kehidupan candy saat di adopsi keluarga kaya raya yang memperlakukannya sebagai pembantu dan perselisihannya  dengan saudara angkatnya elisa dan neil. Kisah candy juga diwarnai dengan cerita persahabatannya dengan sepupu-sepupu elisa yaitu archie, stear dan antony. Candy dan antony kemudian saling suka namun akibat kecelakan berkuda si antony ini meninggal dunia dan candy disalahkan oleh keluarga angkatnya atas kejadian itu. Episode-episode selanjutnya bercerita tentang kehidupan sekolah candy di sebuah akademi yang diperuntukkan bagi anak orang kaya, di sekolah ini candy bertemu dengan Terry. Meski awalnya mereka musuh besar, lambat laun mereka saling suka dan cinta ( #klepek2 ). Sebuah insiden yang berkaitan dengan terry mengharuskan candy drop out dari akademi, tahu tentang itu, si pangeran tampannya candy “terry” mengorbankan diri untuk meninggalkan akademi. Sepeninggal terry, candy juga memilih keluar dan menyusul terry (# so sweeet ). Si candy kemudian melanjutkan sekolah di sekolah keperawatan dan nyambi jadi suster di sebuah rumah sakit. Diceritakan persahabatan candy dengan anne, archie dan stear masih berlanjut. Terry pun memiliki karir gemilang  di dunia teater. Suatu waktu si terry ngundang candy untuk menonton pertunjukannya sekaligus berencana ngelamar candy sehabis pertunjukan. Cuman seingat saya, terry bukannya nikah ma candy , mereka malah berpisah gara-gara terry harus menikah dengan susanne, lawan main terry yang telah menyelamatkan nyawa terry dari timpaan jatuhnya lampu pas latihan. Si susanne ini emang suka ma terry. Tapi meski terry cintanya cuman ma candy, dia merasa harus bertanggungjawab moral ngurus si susanne yang diceritakan harus diamputasi kakinya karena insiden pas latihan itu. Si candy yang mengetahui hal itu memutuskan meninggalkan Terry, karena kasihan pada Susanne dan tidak ingin Terry tersiksa dengan perasaannya. Walaupun berat untuk Terry dan Candy, akhirnya mereka memutuskan berpisah dan berjanji dengan perpisahan ini mereka akan berusaha supaya hidup masing-masing menjadi lebih bahagia.
         Sehabis episode yang bikin termehek mehek ini, saya dah ga tau gimana kelanjutan ceritanya. Filmnya tiba-tiba berhenti tayang dan digantikan sama animasi REMY yang akhirnya juga jadi animasi favorite saya ( hahahah ternyata semua jenis film dan animasi masuk kategori favorite ). Parahnyanya lagi, supply manga dari teman SD ku –Hery- yang melengkapi episode candy yang terlewatkan juga stop gara-gara Hery mesti pindah sekolah, kalau ga salah ke Makassar. Episode terakhir yang saya nonton itu bikin patah hati prend. Mau cari kisah lanjutannya ga tau kemana, mau beli komik, uang saku terbatas dan saya juga ga enak minta dibelikan komik candy sama mami papi, soalnya harga komik waktu saya SD itu lumayan mahal prend. Terkadang saya berpikir, kali gara-gara akhir cerita candy yang sedih dan ga jelas kelanjutannya ini, saya jadi tidak suka ma cerita atau film yang endingnya UNHAPPY atau yang ga jelas hahaaha bukan apanya, bikin sedih dan penasaran , makanya pas beli buku or film, msti dipastikan dulu endingnya  gimana biar penasarannya ga gantung bertahun-tahun hihihi.
           Nah, Lanjutan cerita candy baru saya ketahui pas era internet. Ternyata si candy akhirnya menikah dengan  William Albert Ardley alias paman wiliam yang mengadopsi candy alias albert yang menyelamatkan dan selalu ada di saat candy sedih alias pangeran di atas bukit yang menjadi cinta pertama candy. Hahahha ternyata endingnya HAPPY.

Trus, apa yang membuat saya suka ma animasi candy candy ?

      Karakter candy yang pintar, sederhana, mandiri, mudah bergaul dan berani menjadi diri sendiri, some how memotret karakter impian saya. Belum lagi, waktu SD beneran saya berjerawat dan sering diledeki teman-teman macam nasib candy ini. So, yah namanya anak kecil, saya membayangkan diri menjadi candy yang memiliki pangeran di atas bukitnya hahahaha, maklumlah zaman SD khan zamannya kita memimpikan seorang pangeran hahahahha.
        Hal lain yang saya senangi dari animasi ini adalah kisah persahabatan antara candy, anne, archie, stear, antony dan albert. Belum lagi, pesan untuk terus menjadi diri sendiri, senantiasa membangun diri, berpositif thinking, berusaha optimal, tegar, sabar dan tersenyum menikmati hidup meski terkadang hidup ga berjalan sebagaimana kita harapkan karena hari esok selalu menjadi sebuah kesempatan untuk mewujudkan harapan.

(lagu penutup)

Biarkanlah esok datang /Menghampiri diriku /Aku cinta hari esok /Aku cinta esok
Harapanku mungkin nanti /Menjadi kenyataan /Aku cinta hari esok /Aku cinta esok


Diantara berjuta keinginan ini / Kaulah mimpiku, harapanku,/Impianku, harapanku
Candy..../Candy..../Candy..../Candy.....

0 komentar:

Posting Komentar