Minggu, 25 Maret 2012

DETEKTIP


Kalo selama ini saya hanya nonton film detektip di layar kaca  dan berperan sebagai detektif  di postingan tebak-tebakan thecrowdvoice.com. Pekan ini, akhirnya saya bisa merasakan jadi detektip beneran

Client      : kakak sepupu saya yang super ganteng
Kasus     : menemukan  “sawah ” , dengan ciri-ciri fisik sebagai berikut
-          Warna kulit berubah-ubah  tergantung musim, kadang coklat kadang kuning bahkan ijo
-          Tak  bermata,berambut apalagi bertelinga
-          Luas kurang lebih se-hektar
Partner  : kaka uli  muanist. Kaka sofyan yang baik hati

Bertempat di kantor  kedua saya, bimbingan belajar yang termasyur karena kegaulan tentor-tentornya hihihihi....  Client saya mengadukan kasusnya. “ kaka harus menemukan sebuah sawah pekan ini juga, bila tidak, kaka akan di kick out dari kantor senin, 26 maret mendatang”

Setelah sharing beberapa informasi akhirnya saya meluncur ke rumah partner saya “ kaka uli muanist” di sana kami menyusun langkah-langkah yang akan segera kami ambil untuk memecahkan kasusnya. Beberapa informan pun kami hubungi dan kami putuskan untuk mulai bergerak keesokan paginya 

Rencana pertama            : menelusuri berdasarkan surat  objek pajak
Rencana kedua               : menelusuri langsung berdasarkan peta di sertifikat dan peta dari pertanahan

 >>> putar soundtrack film mission imposible

 keesokan harinya , lepas mengikuti rapat di kecamatan, saya janji bertemu dengan client dan partner saya di depan sebuah sekolah unggulan yang dulu juga menjadi tempat saya menuntut ilmu. Sambil menunggu kedatangan client dan partner saya pun berbahasa sampe basi dengan siswa bimbingan saya yang kebetulan bubar sekolah . Berasa jadi artis dipanggil  ma siswa-siswa keren, saya pun melambai tangan gaya miss universe. Beberapa dari mereka menghampiri saya dan menanyakan ini dan itu, sebagai detektif profesional sy tentunya tidak membocorkan alasan saya bepanas-panas ria di samping penjual siomay dan pismol mungil. Saya mengalihkan perbincangan dengan menanyakan   gmn perkembangan ujian akhir sekolah mereka.hhehehe
Tak berapa lama berselang client dan partner sy pun datang, kami segera melaksanakan rencana pertama. Setelah seharian mencari petunjuk dengan menemui sekitar 8 informan , lokasi sawah  tak kami temukan. Beughhhhh ternyata tak semudah perkiraanku.kami gagal menemukannya dengan rencana pertama
Kami pun melangkah ke rencana kedua,  setelah  menemui kurang lebih  10 orang informan, bolak balik kantor pertanahan, ke rumah kepala lingkungan, bertemu lurah , makan bubur beras merah, pisang goreng, kue coklat, minum teh  dll.  Kami pun  mulai  menyusuri areal persawahan untuk menemukan ciri-ciri sawah yang sesuai. Kami mempersempit areal pencarian dengan modal peta dari pertanahan dan sertifikat sawah tersebut.
Akhirnya setelah 3 hari pencarian, naik turun motor bahkan berjalan menyusuri pematang dari pagi hingga sore, kami pun berhasil menemukan sawah yang paling mendekati ciri-ciri sawah yang kami cari. Dari letak pengairannya dan bentuk-bentuk sawah sekitarnya eurekaaaaaaa, horeeeeeeeeeeeeeeeeeee, senangnya bukan kepalang. Berasa menangin hadiah 1 trilyun n melangkah di atas awan, padahal nyatanya melangkah di atas sawah hahahahah. H mmm, begini rupanya perasaan para detektip  bila memecahkan sebuah kasus setelah berhari-hari ga bisa tidur, ga enak makan, ga bisa pacaran karena mikirin kasusnya. Syukurlah saya bukan detektip.
Hal penting yang dapat saya petik dari pengalaman dari detektip-detektipan ini adalah
  1. Jangan menyerah..jangan menyerah ..jangan menyerah ..ah..ah..ahhhh>>> nyanyi lagu d’massive
  2. Tuhan bener2 ga pernah tidur, tuhan akan memberikan ganti  ganjaran yang sepadan dengan apa yang kita usahakan, sebesar apapun itu...apakah cuman sebesar pasir, kerikil, batu kali atau sebesar  karang.....tugas kita cuman berusaha
  3. Mesti berhati-hati bila melakukan transaksi gadai menggadai sawah ato apapun itu, cek, ricek, ricek, dan ricek lagi semua pendukung transaksi meski itu kelihatannya sudah asli ouwkey....
Last, tengkyu untuk client, partner, n semua informan karena dah berbagi pengalaman jadi detektip-detektipan ini. Sungguh pekan yang tak terlupakan

0 komentar:

Posting Komentar